Faktor yang menunjang minat para reader untuk membaca ff kalian.

 

Hey hey hey…
Gue disini cuma mau sharing aja nih….
Ini menurut pengalaman aja, pengalaman gue sendiri maupun pengalaman temen-temen gue.
Tentu dong ff yang banyak readers nya tentu ff yang ceritanya menarik banget, sehingga membuat readers nya sendiri dengan senang hati komen di ff itu…. Tapi….
Banyak juga nih terjadi keluhan. Banyak author yang pandai membuat ff (ceritanya bagus) tapi jarang dapetin readers…. (Jadi kadang-kadang susah untuk menilai apakah karyanya bagus atau tidak) nah ternyata ada faktor lain membuat ff bagus tersebut ga banyak yang baca…

1. Tempat di mana kalian mem-post ff kalian.

Nah ini suatu hal yang penting… Pasti bagi kalian yang baru banget masuk kedunia per-blog-an bingung kenapa ff yang kalian post di blog kalian itu suka sepi readers. Jawabannya adalah karena blog kalian itu masih belum di ketahui banyak orang jadi orang-orang pun ga tau kalu ternyata kalian ngepost ff disitu dan ternyata ff nya bagus toh. Saran: mencobalah untuk bergabung ke blog-blog ff seperti ffindo, kpop fanfiction atau lainl-lain.. Dari situ kalian bisa mendapatkan readers yang setidaknya bisa menilai ff kalian karena tentu di blog-blog seperti itu sudah banyak readers nya. Dan lama-kelamaan nanti juga banyak readers yang berkunjung ke blog kalian (kalau kalian promosiin blog kalian sendiri disana). Lumayan kan.
Atau…. Kalian bisa mencoba mem-post ff kalian di forum-forum atau perkumpulan-perkumpulan semacam itu. Itu juga menunjang banyak reader.

2. Lingkungan tempat kalian ngepost ff

Ini berkaitan sama yang di atas nih… kalian juga harus pintar menentukan lingkungan yang pas untuk kalian ngepost ff. Usahakan jangan mem-post ff kalian bila di lingkungan itu ga cocok buat ff kalian. Contoh: kalian ngeship couple suju snsd tapi di blog/forum tersebut ada atau banyak yang anti couple itu. Wah kalau seperti itu mah siap siap aja dapet comment bash. Jadi harus liat lingkungan sekitar juga yah. Atau contoh lain kalau di blog/forum itu dominan fandom shawol… Tapi ff kalian suju semua. Nah usahakan ga usah ngepost disitu. Bisa di perkirakan hasil readers nya minim atau gak ada.

3. Cover/poster ff yang menarik.

Minat reader mau baca ff kalian juga di liat dari cover ff nih. Jadi bila kalian yang ff nya gada cover nya coba deh request ff sama editor-editor. Yang bikin poster buat ff-ff…. Atau kalian bisa mencoba belajar ngedit sendiri.
Nah cover yang menarik juga menjadi perhatian para readers untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana ff kamu.. Ga sedikit loh readers yang mau baca ff nya karena awalnya ngeliat dari posternya yang mungkin menarik dan bikin penasaran.. Usahalan juga posternya di buat bagus dan menarik bair narik keinginan reader buat baca. So dari cover nya aja udah bagus gimana ceritanya. Hehe

4. Cast

biasanya reader itu baca ff selain liat dari cover mereka juga liat dari cast. Pasti mereka nyari cast yang mereka suka atau couple kesukaan mereka nah ini berkaitan sama ‘lingkungan’ juga. Menghindari cast yang memicu amukan masa dari readers contoh: ff couple artis x artis. Biasanya reader suka males baca ff yang casnya couple sesama artis soalnya mereka suka ngerasa cemburu.

5. Genre

Hal ke-5 adalah genre ff kalian. Selain dari cast reader ngeliat ff dari genre yang menurut mereka menarik. Makanya pilih genre yang menarik ya biar readers banyak yang penasaran.

6. Rating
Ini juga memicu. Banyaknya reader… Apa lagi kalo ratingnya NC pasti banyak yang baca deh ff nya.

7. Prolog

Kalau ff kita berchapter biasanya ada prolog nya tuh… Prolog juga bikin reader jadi penasaran sama ff kita…

Nah ini saran dari gue ya…. Semoga bisa jadi gambaran buat kalian….

By:shinstarkey
Take out full credits

Posted with WordPress for BlackBerry.

Iklan

7 pemikiran pada “Faktor yang menunjang minat para reader untuk membaca ff kalian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s